Rabu, 18 Januari 2017

ADIPURWO SEBAGAI IKON BATIK PURWOREJO


ADIPURWO SEBAGAI IKON BATIK  PURWOREJO

Batik adipurwo ciri khas batik Purworejo


Batik Adipurwo coklat khas Purworejo Jawa Tengah





Batik Adipurwo merah khas Purworejo Jawa Tengah 


Purworejo telah mempunyai corak khas batik kontemporer yang oleh KelikSumrahadi (Selagi menjabat Bupati) diberi nama Adi Purwo. Bahkan pertengahanJanuari 2009 lalu Adi Purwo resmi diluncurkan sebagai produk asli Purworejo.
ASAL MULA BATIK KHAS PURWOREJO

Ide tersebut diperoleh saat dirinya mengikuti lomba Karya Batik Nusantara tingkat nasional yang   diselenggarakan di Balai Batik Yogyakarta. Saat itu dirinya mengangkat tema Tradisi dan Modernitas Menuju Identitas. Ia menampilkan batik bermotif potensi Purworejo...yang ternyata mempunyai daya tarik tersendiri bagi dewan juri. Terbukti mampu masuk 20 besar dari 200 peserta.
Motif Adi Purwo adalah batik kontemporer. Motif ini menggambarkan kondisi dan potensi yang ada di Purworejo. Potensi seni dan budaya ditampilkan dalam gambar penari ndolalak dan Bedug Pendowo. Potensi pertanian dan perkebunan berupa manggis, durian dan empon-empon. Potensi peternakan berupa kambing peranakan Ettawa. Potensi industri rakyat berupa makanan klanting, kue clorot, gulakelapa, Kain yang dipakai jenis primisima, dengan pewarnaan hitam, coklat, kuning,hijau dan merah.
 ig @yuliantt

0 komentar:

Posting Komentar